Hadapi Musim Hujan Mendatang, BPBD Kian Tingkatkan Upaya Antisipasi Banjir di Kabupaten Siak 

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:28:54 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak Kaharuddin, S.Sos., M.Si, mengatakan pihaknya terus meningkatkan uapaya dalam mengantisipasi banjir yang akan terjadi pada musim hujan mendatang di Kabupaten Siak. Hal ini, mengingat tahun lalu terjadi bencana alam banjir yang menyebabkan beberapa warga di Kabupaten Siak harus mengungsi.

"Dari 14 Kecamatan di Siak, terdapat 9 Kecamatan seperti Sungai Apit, Bungaraya, Sabak Auh, Pusako, Siak, Mempura, Koto Gasib dan Kecamatan Tualang,  yang berada di pesisir sungai Siak dan memiliki kemungkinan terkena banjir dimusim hujan," kata Kharuddin kepada wartawan, Kamis sore (03/08/2023).

Dijelaskan dia, banjir terjadi karena permukaan air Sungai Siak naik akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan daya tampung air melebihi kapasitas yang seharusnya sehingga air sungai meluap.

"Selain itu disebabkan karena banyaknya hutan di Siak yang sudah menjadi kebun sawit, sehingga tanah resapan berkurang dan memungkinkan terjadi banjir di tahun ini, mengingat tahun lalu di Siak terjadi banjir yang menyebabkan warga harus mengungsi," katanya.

Upaya dalam mengantisipasi banjir lanjut Kaharuddin, dilakukan untuk menghadapi kemungkinan banjir yang lebih besar dari tahun sebelumnya.  

"Dalam mengantisipasi banjir, BPBD mengajak pihak ketiga yaitu 28 perusahaan di Siak untuk melakukan MoU dalam bekerjasama membersihkan kanal dan drainase dalam mengantisipasi banjir," ulasnya.

Menurutnya, banyak perusahaan sawit yang menggunakan kanal atau anak sungai sebagai pembuangan terakhir sehingga mereka wajib membersihkannya untuk mencegah terjadinya luapan air dari sungai Siak. 

"Dari 28 perusahaan tersebut terdapat 3 perusahaan yang belum menandatangani MoU karena sedang berganti Direksi. Untuk saat ini sudah 7 perusahaan yang membersihkan kanal mereka dengan luas kanal yang sudah dibersihkan 23.200 meter. Selain itu, Dinas Pekerja Umum juga sudah pembersihan 80% kanal dan drainase lainnya yang ada di Siak,” ucapnya. 

Dalam kesempatan itu pula Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Siak Sapriwal juga mengatakan rencana kegiatan sosialisasi yang akan dilakukan BPBD dalam mengantisipasi bencana alam banjir selain menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan, BPBD juga berencana akan melakukan sosialisasi terhadap setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

"Tujuannya untuk bersama-sama mencegah banjir dan dampak buruk banjir bagi kesehatan masyarakat,” tukasnya.(Infotorial).

Laporan : Ayu 

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex